Amr bin Ash

Apa yang dilakukan HTI hari-hari ini mengingatkan saya pada Perang Shiffin antara pasukan Ali bin Abi Thalib melawan Muawiyah. Adalah Amr bin Ash yang melancarkan siasat menghasut penduduk Syam untuk menuntut Ali sebagai pihak yang bertanggung-jawab atas terbunuhnya Utsman bin Affan. Maka terjadilah Perang Shiffin.

Ketika pasukan Muawiyah terdesak, Amr bin Ash memerintahkan pasukannya untuk mengikatkan Al Quran di ujung tombak sebagai pertanda agar perang diakhiri dan menyerahkan keputusan pada hukum kitab suci. Ali bin Abi Thalib tahu bahwa itu tipu muslihat belaka untuk menghindari kekalahan perang. Muncul ungkapan Ali yang terkenal: “Bukan Al Quran yang berbicara, melainkan laki-laki dan perempuan itulah yang bicara atas nama Al Quran.” Dengan kata lain, dengan mengangkat Al Quran di ujung tombak dan pedang, Amr bin Ash sebenarnya sedang memperalat kitab suci.

Lalu terjadilah peristiwa arbitrase atau tahkim. Disepakati bahwa baik Ali maupun Muawiyah akan diturunkan dari posisi khalifah. Kekuasaan akan dikendalikan oleh semacam Dewan Syuro. Atas kesepakatan itu, wakil kelompok Ali, Abu Musa Asy’ari, maju untuk menetapkan pemberhentian Ali bi Abi Thalib sebagai khalifah dengan harapan bahwa wakil Muawiyah juga akan melakukan hal yang sama. Namun yang terjadi setelah itu adalah Amr bin Ash malah dengan licik menetapkan Muawiyah bin Abi Sufyan sebagai khalifah. Mereka tidak hanya terhindar dari kekalahan perang, tapi juga mendapatkan kursi khalifah. Semua itu bermula dari siasat mengikatkan kitab suci di ujung tombak.

Lalu, apakah HTI yang menaruh kalimat tauhid di bendera-bendera mereka bukan semacam siasat licik a la Amr bin Ash? Saya kira begitu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s