Hagia Sophia

Hagia Sophia dibangun Emperor Justinian di abad keenam sebagai katedral Bizantium, Kekaisaran Roma bagian Timur. Abad keenam adalah masa kehidupan Nabi Muhammad. Katedral ini seusia agama Islam.

Tahun 1453, tanggal 29 Mei, Konstantinopel ditaklukkan pasukan Ottoman di bawah Sultan Mehmed II yang saat itu masih berusia 21 tahun. Tiga hari kemudian, pada sembahyang jumat pertama sang penakluk, gereja katedral itu, simbol kemegahan kekaisaran Romawi Timur, diubah menjadi mesjid. Peristiwa semacam ini sebetulnya biasa saja di masa ketika bangsa-bangsa masih saling memangsa dan menaklukkan. Dalam series Netflix “Ottoman: The Rise of Empires”, sang penakluk menyaksikan Hagia Sophia mengeluarkan asap sebelum hari penaklukan. Asap itu dipersepsi sebagai tanda kemenangam. Seolah-olah Hagia Sophia memanggil.

Pendiri Turki modern, Mustafa Kemal Ataturk menjadikan situs bersejarah bangsa Turki itu sebagai museum pada 1934. Selama 86 tahun, bangunan ini menjadi semacam monumen yang berupaya mengakhiri ketegangan Kristen-Islam. Pengunjung dari beragam bangsa dan keyakinan tak henti-hentinya datang ke tempat ini.

Namun rupanya harmoni itu tidak mendapat tempat di kalangan kelompok islamis yang sekarang umumnya berkumpul di belakang Erdogan. Mereka merasa apa yang dilakukan Ataturk 86 tahun lalu itu ilegal.

10 Juli 2020 lalu, Hagia Sophia ditetapkan kembali sebagai mesjid. Azan pertama dikumandangkan dari bangunan itu dan disiarkan oleh kanal-kanal media yang dikuasai rezim ke seluruh negeri. Ratusan orang di luar gedung bersorak dan bertakbir.

Sembahyang jumat pertama akan dilakukan minggu depan, 24 Juli. Di hari itu, kelompok islamis akan kembali bersorak gembira sembari bertakbir seolah-olah mereka baru saja memenangkan perang penaklukan. Penaklukan atas apa dan siapa? Entah.

Depok, 15 Juli 2020

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s