PETANI DAN NELAYAN

PETANI DAN NELAYAN

Salah satu alasan penolak masuknya investasi dan industrialisasi adalah bahwa petani dan nelayan terancam tergusur. Maksudnya tergusur adalah bahwa profesi sebagai petani dan nelayan akan kian tidak diminati. Mereka akan pindah bekerja di pabrik dan industri baru yang terbangun karena dimudahkannya investasi.

Pandangan itu, menurutku, adalah pandangan otoriter, bukan demokratisasi ekonomi seperti yang mereka klaim. Mereka justru ingin memaksa petani untuk tetap bertani dan nelayan untuk tetap melaut. Mereka tidak suka jika petani dan nelayan punya alternatif pekerjaan baru. Mereka tidak mau ada pilihan dalam pekerjaan. Mereka ingin memenjara petani dan nelayan dalam profesinya sekarang. Mereka ingin menjadikan profesi petani dan nelayan sebagai kutukan yang tidak bisa tidak harus dijalani. Mereka tidak ingin para petani dan nelayan memiliki kemerdekaan menentukan nasibnya sendiri.

Menutup akses petani dan nelayan pada segala kemungkinan alternatif pekerjaan baru bukan hanya keliru, tapi juga jahat. Lawan!

Sumber foto: lisa(dot)id.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s