Harun Nasution dan Pembaruan Pemikiran Islam dari Universitas Indonesia

Salah satu pendobrak utama kekakuan pemikiran Islam di Indonesia adalah Prof. Dr. Harun Nasution. Beliau pernah menjabat sebagai rektor IAIN Jakarta. Para pemikir pembaruan Islam dari Ciputat dan IAIN umumnya adalah murid beliau, langsung maupun tidak langsung.

Yang menarik, kebanyakan buku yang ditulis oleh Pak Harun justru tidak diterbitkan oleh penerbit IAIN, tapi oleh UI Press. Dari 7 buku beliau yang saya punya ini, empat di antaranya diterbitkan UI Press. Tiga lainnya diterbitkan Bulan Bintang.

Saya lupa detil alasannya. Tapi bahwa UI Press bisa menerbitkan buku-buku Pak Harun yang berisi dobrakan pembaruan pemikiran Islam menunjukkan UI di masa itu masih cukup progressif. Tentu ini terjadi sebelum gerakan Tarbiyah PKS dan HTI mencengkram kampus itu sedemikian kuatnya.

Memang saya sempat baca, mungkin di buku ulang tahun Pak Harun yang diterbitkan LSAF, bahwa salah satu alasan kenapa buku-buku itu diterbitkan UI Press karena penerbit Ciputat belum bisa menerima sepenuhnya pemikiran Pak Harun.

Baru dengar dari Bang Ade Armando bahwa UI sekarang mulai berbenah kembali setelah bertahun-tahun dikacaukan oleh aktivis-aktivis Tarbiyah. Semoga upaya itu membuahkan hasil.

Kalau butuh referensi tentang Islam yang rasional dan maju, bisa tengok kembali gudang perpustakaan dan penerbitan UI. Barangkali di sana masih tersisa buku-buku Prof. Harun Nasution yang diterbitkan Universitas Indonesia sendiri.

Depok, 17 September 2020

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s